Berita  

Jokowi Irup HUT RI di IKN Wapres Irup Istana Merdeka

banner 120x600
banner 468x60

JAKARTA.TRIBUNINDONESIA.INFO – Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menguraikan bahwa upacara perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI akan dibagi dua dalam pelaksanaanya.

Yang pertama di Istana Kepresidenan IKN dan di Istana Merdeka Jakarta.

banner 325x300

Jika upacara di IKN dipimpin Presiden Joko Widodo sedangkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertindak sebagai pemimpin upacara di Istana Merdeka.

Heru mengatakan,”Presiden terpilih Prabowo Subianto akan hadir upacara di IKN dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka di Istana Merdeka.

Selain itu juga momentum perayaan HUT ke-79 RI di IKN menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia sebagai pelepasan status Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta ke Daerah Khusus Jakarta (DKJ).

Selain itu pula, sebuah seremonial tengah disiapkan khusus terkait momentum tersebut berupa melepas bendera dan duplikat naskah Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas) ke Istana Merdeka Jakarta.

Kemudian menuju Istana Kepresidenan di IKN. Jadi ada beberapa kegiatan penting sejak 1 Agustus hingga puncaknya pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Pada 18 Agustus 2024, Presiden Jokowi dijadwalkan pula meresmikan Masjid Raya IKN sekaligus menandai awal kegiatan pemerintahan di ibu kota baru seluas 252.000 hektare.

Saat ini pembangunan tahap pertama terus berlangsung di IKN termasuk merampungkan lokasi upacara.

Tempat menginap petugas upacara dan bandar udara (bandara), lapangan upacara yang lokasinya tepat berhadapan dengan Istana Kepresidenan IKN dapat menampung sekitar 8.000 orang.

Sisi lain Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, “Progres pembangunan infrastruktur di IKN hingga 27 Juni 2024 telah mencapai 90 persen.

Sementara Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Diana Kusumastuti menambahkan,” Infrastruktur tahap pertama ditargetkan sudah dapat dimanfaatkan pada Juli 2024.

“Seperti kita lihat, jalan tol, air bersih, istana dan kantor kepresidenan, kantor-kantor kementerian koordinator, dan┬ámemorial park┬ádiupayakan bisa fungsional dan dimanfaatkan di akhir Juli 2024,” ujar Diana.(TII/SETNEG)

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *